Langsung ke konten utama

Unggulan

Punya Anak

Well, meskipun aku (merasa) sudah siap untuk punya anak bahkan sejak sebelum menikah, agaknya gamang juga ketika sekarang sedang mengandung janin 9 minggu. Sampai beberapa hari yang lalu. Aku nangis sesegukan karena teringat sama salah satu jama'ah masjid yang sekarang hidup sendiri pasca suaminya meninggal dunia dan mereka tidak memiliki anak. Walau tetap Allah jua lah yang menakdirkan kita diamanahkan anak atau tidak, tapi perasaanku melihat para janda yang tinggal seorang diri ini jadi kalut. Pasti sepi. Sendiri. Butuh teman. Aku yang juga dulu pernah punya tetangga dekat yang sama persis kondisinya dengan si ibu. Jadi, tahu persis bagaimana keseharian mereka. Sejak saat itu, aku sadar bahwa punya anak itu karunia yang sangat besar dari Allah. Pantaslah memang anak ini disebut sebagai qurrata a'yun (penyejuk mata) bagi orang tuanya. Investasi akhirat. Setidaknya, ada yang bisa dihubungi kalau kita kesepian di masa tua nanti. Makin degdegan menuju HPL 27 Oktober

Teknologi Informasi USU

Seminggu yang lalu, saya di-sms-in sama adik kelas yang nanya-nanya tentang jurusan tempat saya menuntut ilmu sekarang. Teknologi Informasi USU. Saya akan cerita tentang jurusan tersebut dari sudut pandang saya. Mungkin bisa berguna bagi siswa-siswi SMA yang lagi tertarik sama jurusan yang tengah saya tekuni sekarang.

Sekedar informasi, saya adalah mahasiswa S-1 TI USU angkatan 2012. Jadi masih cute gitu deh. *sodorin ember*. Dulu saya masuk TI USU karena rezeki yang ga disangka-sangka dari Allah. Alhamdulillah saya lulus jalur SNMPTN Undangan pada masanya. Jadi, saya ga perlu susah payah ikut jalur ujian tertulis. Cukup dengan nilai rapor dari semester 3 sampai dengan 5 SMA, saya udah diterima di USU.

USU pada Juli 2013, duduk di posisi ke-10 universitas paling top se-Indonesia menurut 4 International College & University (4ICU) ~> check this. Semoga tahun-tahun ke depan bisa semakin meningkat. TI berada di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FASILKOM-TI), fakultas yang baru diresmikan tahun 2012. Fakultas baru cuy.

Selain S-1 TI, ada juga jurusan lain seperti S-1 Ilmu Komputer dan S-2 Teknik Informatika. Saya fokus ceritanya ke TI aja ya. Supaya lebih asik, saya spesifikasikan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan seperti di bawah ini. Check it out.

TI secara umum?
TI USU dibuka tahun 2007. Jadi sekarang ini ada 7 angkatan (terakhir 2013). Alumni dari TI USU akan digelari S.TI (Sarjana Teknologi Informasi).

Apa aja sih yang dipelajari di TI USU?
Di semester awal, kita masih ketemu sama mata kuliah (matkul) umum seperti Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Alamiah Dasar, PKN, dan Agama. Mulai dikenalin sama matkul Dasar-Dasar Web, ntar tugas besar di akhir semester disuruh buat web dengan HTML + CSS + Javascript + JQuery. Selain web, kita juga bakal ketemu matkul Dasar-Dasar Pemrograman. Ini nih, matkul yang keren. Ga anak TI namanya kalo ga mumet ngerjain program. Kalo udah di TI, kita belajar how to make code. Di semester awal, akan diajarin tentang bahasa C dan C++. Bahasa yang paling dasar dalam pemrograman. Kenapa belajar yang paling dasar sih kalo udah ada bahasa programming yang lebih mudah kayak Phyton atau Pascal? Kata dosen kita nih, kalo udah ngerti bahasa yang dasar, nanti buat belajar bahasa yang lebih tinggi bisa lebih mudah karena udah tau dasarnya. Kalo udah bisa coding, udah berasa jadi orang paling keren sedunia deh. *abaikan*

Setelah belajar tentang web dan program, kita bakal belajar tentang database, jaringan, multimedia, dan mata kuliah lainnya. Kalo pun ga ngerti tentang program, ga usah takut. Dulu saya juga buta sama sekali tentang programming. Tapi, sekarang dikit-dikit bisa ngerti lah. Jadi, ga usah khawatir ya, semua akan dipelajari dari dasar.

Enak ga sih kuliah di TI USU?
Kalo ini sih tergantung orangnya ya. Menurut saya pribadi, setelah jalani 3 semester ini, asik kok. Ga begitu banyak tugas kalo dibanding jurusan yang lain, ga begitu banyak lab (praktikum) juga, dan intinya sih kalo kita nikmati setiap prosesnya, semua bakal asik.

Gimana caranya masuk TI USU?
Tentunya harus lulus seleksi. Baik itu dari jalur rekomendasi dari SMA, jalur ujian tulis, atau UMB (Ujian Mandiri Bersama). UMB terbagi jadi 2, ada jalur reguler, ada jalur mandiri. Kalo reguler, uang kuliahnya sama kayak jalur-jalur sebelumnya atau standar gitu lah. Sebelum ada yang namanya UKT (Uang Kuliah Tunggal), biaya kuliah di TI USU Rp1.500.000. Tentang UKT itu saya juga kurang ngerti, karena sekarang ini cuma berlaku buat maba 2013. Angkatan 2012 dan angkatan sebelumnya, masih uang kuliah standar. Nah, beda ceritanya kalo dari jalur UMB yang mandiri. Uang kuliahnya pasti lebih mahal dong. Hehe.

penampakan TI USU dari luar

Sekian aja informasi saya tentang TI USU.
Ada pertanyaan? Silakan tulis di kotak komentar :)

Baca juga : Teknologi Informasi USU 2017.

Salam Semangat, Readers :) 

Ida Mayasari

Komentar

  1. Ass. jurusan sistem informasi di usu ada gak kak ?

    BalasHapus
  2. lowongan pekerjaannya apa aja kak?thank:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak, dek. bisa jadi programmer, web designer atau web developer, analyst system, dsb~

      Hapus
  3. ass. kak uang masuk kuliah nya brp ya? spp nya jg brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. uang masuk dan SPP nya sejak tahun 2013 jadi berubah dek. karena ada yg namanya Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan itu berlaku untuk angkatan 2013. Kalo tahun 2012, SPP = Rp.1500.000. Uang masuk 3 jutaan kalo ga salah.

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum kk,
    kak, Alhamdulillah tahun ini saya diterima di T.Informasi USU.
    Kk boleh minta Informasinya dikit tentang PMB nanti kk.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam, Garda.
      info tentang PMB 2014 update di twitternya, (@PMB_IT_USU2014). Jadi follow dan sering2 stalk twitternya ya :D

      PMB dari tahun ke tahun tidak selalu sama, Dek. tapi berdo'a aja, semoga PMB tahun ini lebih baik dari tahun2 sebelumnya. Selamat datang di IT USU :)

      Hapus
  5. kak bisa infokan uang kuliah TI tahunn ini kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Azri, sejak tahun 2013, uang kuliahnya berdasarkan UKT (Uang Kuliah Tunggal), Dek. kakak juga kurang tau gimana itu sistemnya dan berapa nominalnya. Maaf ya Dek, soalnya di tahun kakak masuk (2012) belum pakai sistem UKT ini.

      Hapus
  6. kalau di USU teknik informatikanya itu bisa gak sampai S1, ada gax s1 nya

    BalasHapus
  7. kalau di USU teknik informatikanya itu bisa gak sampai S1, ada gax s1 nya, atau harus langsung sampai S2

    BalasHapus
    Balasan
    1. di USU, untuk jurusan Teknologi Informasi (IT) itu jenjangnya S-1 kok. kalau teknik informatika yang ada di FMIPA sekarang itu jenjangnya D3. kalau mau melanjutkan ke S-1, masuknya ke ekstensi S-1 Ilmu Komputer. kalau mau lanjut lagi ke S-2, ada kok S-2 teknik informatika di USU :)

      Hapus
  8. Assallmualikum :D kak Mau Nanya Passing Gread Ilmu Komputer sama teknologi informasi berapa ya kak :D soalnya selasa tadi saya baru ikut sbmptn di USU :D trus harus bener berapa soal kak :D & kalo gagal disbmptn kira kira dijalur lain tembus gak tu kak :D kayak Jalur Mandiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Wa'alaikumussalam. Kalau untuk passing grade saat ini, saya juga kurang tau, dik. Adik bisa cari-cari di sumber lain di internet. Jalur Mandiri di teknologi informasi masih ada. Silakan coba kalau tidak lulus di jalur sbmptn.

      Hapus
  9. Kakak kan masuk dengan jalur ptn, boleh tau gak kemarin kakak memilih 3 jurusan apa saja ya? Dan jurusan it di nomer berapa? Terimakasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya angkatan 2012, dik. Melalui jalur undangan atau SNMPTN kalo sekarang. Ketika itu, TI USU jadi pilihan pertama saya.

      Hapus
  10. Kak. Penghasilan kedua orgtua brpengaruh gk kak di jalur snmptn? khususnya TI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jalur snmptn/sbmptn, sekarang pakai sistem Uang Kuliah Tunggal. jadi pengaruhnya bukan pada kelulusannya. tapi, pada penentuan uang kuliahnya nanti setelah lulus, dek. :)

      Hapus
  11. Assalamuallaikum kak.

    Saya ingin tanya, apa saja yang dipelajari dan perbedaan antara ilmu komputer dengan teknologi informasi di USU?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam.
      Fokus ilkom (ilmu komputer) lebih ke algoritma, Fitra. Sedangkan TI (Teknologi Informasi) lebih ke penerapan algoritma itu dalam aplikasi atau sistem.

      Yg dipelajari sebenarnya ga jauh beda. Sama-sama belajar programming, web, jaringan. Kalau di USU, bedanya di ilkom ada belajar fisika sedangkan di TI tidak ada. Di TI biasanya belajar satu jenis bahasa pemrograman dalam satu semester, sedangkan di ilkom lebih dari satu. Di TI belajar web dan internet programming lebih mendalam, sedangkan di ilkom ndak begitu. Tapi di ilkom belajar sistem digital (dasar robotik), sedangkan di TI ga ada..

      Hapus
  12. Assalamualaikum kk. Saya Adil dari SMAN 2 Binjai. Insyaallah saya berniat untuk melanjutkan ke perkuliahan, yakni Teknologi Informasi USU. Saya ingin bisa membawa manfaat sebesar-besarnya bagi banyak orang. Teman dekat saya (satu mentoring di rohis) telah lulus jalur undangan Ilmu Komputer. Saya ingin bisa berkolaborasi, berinovasi dan berkreasi demi berinvestasi amal baik. Ada sebuah ucapan "People programming for win, for pleasure.
    But I programming just from in, for pure, pure of Allah." Saya juga minta tolong agar bisa turut mendoakan saya agar lulus di Fasilkom USU di jalur SBMPTN.Syukron, Jazakallah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah. Luar biasa semangatnya Adil. Aamin. Semoga lulus dan bisa masuk TI USU ya, Dil..

      Hapus
  13. Assalamualaikum kak..
    Saya ingin bertanya, peminatan multimedia di jurusan Teknologi informasi USU ada gk ya kak ?...
    Soalnya saya lagi bingung ni,mau ngambil jurusan yg ada design...
    Makasih kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam.
      di TI USU ga ada peminatan tertentu, fahreja.
      memang ada belajar multimedia, tapi hanya mata kuliah biasa.
      kalau memang mau fokus ke mulmed, saran saya ambil di universitas yang ada jurusan khusus multimedia. :)

      Hapus
  14. min, mau tanya nih...
    saya camaba... udah ikut ujian sbmptn... trus misalkan kalo gk lewat.. saya mau ikut ujian mandiri di usu.. jurusan teknologi informasi... nah, yg saya tanyakan.. biaya uang kuliah mandiri itu mahal gk sih? contohnya brp bayar persemester? mana lebih mahal di ptn atau di pts?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lihat disini ya, Dik. http://biayakuliah.net/biaya-kuliah-jalur-ekstensi-dan-mandiri-usu/

      Saya tidak tahu apakah itu sesuai dgn yg sekarang atau tidak. Tapi semoga bisa menjadi gambaran.

      Hapus
  15. kak cara ikut umb jalur reguler gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca di sini ya dek http://www.penerimaan.usu.ac.id :)

      Hapus
  16. Assalamu'alaikum
    Saya mau nanyak kak
    Biasanya jam ngampus di TI usu berapa jam kak, terus sesulit apa tugas"nya disana. Terus rencananya saya mau kuliah sambil kerja jaga rental dari jam 5 sore sampai jam 12 malam apakah itu menganggu kuliah saya kak ? Tapi Insya Allah saya bisa membagi waktunya kak

    Mohon arahannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam. jam ngampus di TI USU nggak tentu Arsil, tergantung jadwal kuliahnya. kadang selesai sebelum dzuhur, kadang sampe jam 18.00 lewat (kalo dapet lab terakhir). tapi ga gitu padet kok. masih sempet ikutan organisasi atau kegiatan lain. kalo mau kerja sore, masih bisa insya Allah. apalagi semester awal biasanya ga begitu sibuk. paling di akhir semester yang agak hectic karena deadline project. :)

      Hapus
  17. kak, mau nanya dong, ada gak tahun ini pembukaan S1 ekstensi TI usu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di USU, ekstensi adanya S1 ilmu komputer. Itu juga denger2 sejak 2014 sudah ditutup pendaftarannya. Lebih jelasnya coba ditanya ke bagian TU langsung ya :)

      Hapus
  18. Kak mau tau dong bendera untuk Fasilkom TI itu gimana,. Soalnya nyarik nyarik gak dapat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tuh di depan biro rektor usu. Cek ajaa satusatu. Hehe.

      Hapus
  19. Kk mau tanya dong
    Teknologi informasi usu ada disuruh buat programan gitu atau gak ya?
    Soalnya saya blm pernah belajar programan gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, dik. jangan khawatir, kita akan diajarin dari awal kok gimana buat programnya.. semangat ya.

      Hapus
  20. TI itu untuk program apa kak.?
    Mia atau iis??

    BalasHapus

Posting Komentar

jangan sungkan untuk berkomentar ya :)

Postingan Populer